Mualaf Mentawai Membutuhkan Masjid

Padang, 6 Sya’ban 1438/ 3 Mei 2017 (MINA) – Ketua Yayasan Muslim Peduli Mentawai (YMPM), Sumatera Barat, Muhammad Shiddieq mengatakan jumlah mualaf di Kepulauan Mentawai terus bertambah, wilayah tempat mukim pemeluk Islampun semakin meluas.

Sehubungan dengan itu YMPM bersama para mualaf Mentawai , merasa, sangat diperlukan pendirian masjid di perkampungan mualaf di pedalaman Mentawai. Demikian keterangannya pada MINA, Rabu

Menurut data YMPM, populasi muslim di Mentawai terus meningkat. Di tahun 2010 Muslim hanya berjumlah 15 %, akhir tahun 2015 populasi muslim sudah berjumlah 22,3 %, dan di tahun 2017 ini jumlah umat Muslim di Mentawai dperkirakan akan terus meningkat.

“Alhamdulillah… Dengan limpahan hidayah dari Allah swt, mualaf Mentawai terus bertambah, penyebaran wilayah Islampun semakin meluas. Hingga sekarang masih banyak perkampungan muallaf Mentawai dimana jumlah .sudah banyak namun masjid di kampung tersebut belum ada,” . ujar Siddiq.

Yayasan Muslim Peduli Mentawai (YMPM) sebagai lembaga yang fokus berdakwah di Mentawai semenjak 8 tahun silam, dengan program mengayomi dan membina mualaf sangat merasakan betul betapa urgent pendirian masjid di Perkampungan Mualaf Mentawai.

“Sejauh ini masih banyak dusun atau desa yang belum memiliki masjid disana, padahal muallafnya sudah banyak. Para Mualaf tidak memiliki masjid sebagai tempat sarana ibadah, seperti tempat shalat, pengajian, silaturrahim hingga tempat belajar iqra’ dan membaca Al-Qur’an,” tambahnya.

Di samping itu, dengan tidak adanya Masjid syiar Islam juga sangat terkendala.

“Para mualaf berharap, agar kesulitan yang mereka alami dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT semoga cepat terselesaikan. Amin…,” pungkas Sidiq.

Merasakan kesulitan yang dihadapi para Muallaf Mentawai. YMPM sebelum ini telah membangunkan dua Masjid di Mentawai. Karena masih banyak perkampungan muallaf belum memiliki masjid.

“Bulan Ramadhan akan tiba, Pengurus YMPM bertekat untuk menambah pembangunan masjid di perkampungan baru para muallaf. Alhamdulillah, sekarang ini pengurus YMPM sedang membangunkan tiga Masjid di Pedalaman Mentawai. Tiga masjid tersebut terletak di, Dusun Tolaulagog Desa Katurai, Desa Saliguma dan Dusun Tinambou,”jelasnya.

Sidiq mengungkapkan, dalam mengerjakan pembangunan tiga masjid tersebut, YMPM sangat terkendala dalam biaya.

Donasi pembangunan masjid di Perkampungan Muallaf Mentawai dapat disalurkan melalaui: Bank Nasional Indonesia Syariah. Cab. Bukittinggi. No. Rek. 0397762727, Bank Syariah Mandiri. Cab. Payakumbuh.No. Rek. 7083758230. Atas Nama : YAYASAN MUSLIM PEDULI MENTAWAI. Konfirmasi via SMS/ WA : Hamzah Abu Maryam (Datinfo YMPM). Hp. 085263000379. (L/R07/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

back to top